Minggu, 22 September 2013

Fungsi Warna Dalam Kabel Jaringan


Selamat datang, dalam blog saya , oke hari ini saya ingin berbagi sedikit tentang perkabelan, bagi yang sudah tau tentang kabel jaringan, pastinya sudah mengenal jenis-jenis kabel dalam membangun suatu jaringan komputer sederhana, diantaranya UTP kabel,dan STP kabel,

UTP kabel itu memiliki bebrapa jenis dan STP juga memiliki beberapa jenis, oke sekarang saya tidak membahas masalah itu dulu,

tapi saya akan membahas perbedaan warna dan fungsi dari warna warna tersebut, sedikit info saja jika kita ingin memasang suatu konektor untuk di kabel jaringan baik itu UTP dan STP kabel tentu kita akan melihat 4 pair kabel yang dalam 1 pairnya berisi 2 kabel jadi totalnya 8 jenis kabel yang terdapat dalam satu kabel utama ketika mengkupas kabel utama maka akan terlihat lilitan kabel dengan warna warna yang berbeda,

Nah kenapa kok warnanya beda-beda ya ???
dalam kabel dibuat warna yang berbeda, dikarena untuk mengingat susunan warna ketika kita akan membuat kabel croos maupun kabel  stragith disamping itu masing-masing warna tersebut mempunya fungsi yang berbeda beda sobat sekalian diantaranya seperti yang saya jelaskan di bawah ini:

·  Orange : berfungsi untuk mengirim paket data.
·  Putih orange : berfungsi untuk mengirim paket data.
·  Hijau : berfungsi untuk mengirim paket data.
·  Putih Hijau : berfungsi untuk mengirim paket data.
·  Biru : berfungsi untuk mengirim paket suara.
·  Putih Biru : berfungsi untuk mengirim paket suara.
·  Coklat : berfungsi untuk mengirim arus DC.
·  Putih Coklat : berfungsi untuk mengirim arus DC.


NAh gimana sobat sekalian jadi tau kan fungsi-fungsi dari warna tersebut,
sekian saja dulu penjelasan dari saya untuk info jaringan berikutnya akan disampaikan dilain waktu,


Terimakasih

0 komentar:

Posting Komentar